Cara Install Ubuntu 14.04 dengan Windows (Dual Boot)





Berikut adalah tutorial Cara Install Ubuntu 14.04 dengan menggunakan Universal Usb Installer dari Windows. adapun alat yang harus di persiapkan adalah USB Flashdrive dengan kapasitas minimal 1Gb, kemudian file isonya yang bisa di download dibawah ini:



 Universal Usb Installernya bisa di download disini

sebelum kita install Ubuntu kita atur dulu partisi dalam HDD kalian, Sisakan 20Gb untuk Ubuntu melalui Disk Management



Kalian dapat menggunakan partisi lain selain C yang akan disisakan menjadi 20Gb, yang penting partisi tidak melebihi 3 sebelumnya. Karena dapat menyebabkan Hardisk tidak bisa untuk Dual Boot.



Untuk selanjutnya kalian tancapkan Flashdisk lalu jalankan UUI kemudian pilih distro yang akan di install dimana dalam contoh Ubuntu dan pilih lokasi Flashdisknya
















OK selanjutnya Laptop atau komputer kalian Reboot kemudian atur urutan boot nya menjadi USB HDD yang teratas agar saat PC dinyalakan yang pertama kali di baca adalah USB yang berisikan Ubuntu yang telah kalian buat.

Ok sekarang kita masuk ke tampilan install Ubuntu




Klik Install ubuntu 


Kemudian langsung saja continue dan bila pengguna laptop terdeteksi Wirelessnya pilih saja I don't want connect.


Selanjutnya untuk mengatur partisi sebaiknya kita gunakan Something Else saja agar lebih mengenal pemartisian Linux terutama Ubuntu




Di emage diatas terlihat free space dengan ukuran 20Gb yang sudah kalian ambil dari partisi C diatas, kemudian klik partisi tersebut dan klik tanda "+". Kemudian buatlah swap area terlebih dulu sebagai fungsi Virtual RAM. Cukup sebesar 2Gb saja


Lakukan ulang seperti ketika membuat swap pada area free space, kemudian buat lah mount point sebagai root atau dengan simbol "/" dengan format partisi sebagai Extend4 File System




ootloadernya pada /dev/sda yang berarti langsung kLalu atur bootloader dimana nanti akan ada tampilan untuk memilih salah satu OS yang terinstall di PC kita. Taruh saja be HDD.


Pilih lokasi GMT Anda dengan cara mengklik Map atau langsung tulis kota besar yang masuk GMT



Setelah itu pilih jenis keyboard kalian, pada umumnya di Indonesia menggunakan Keyboard berjenis English(US) jadi kita pilih English(US) tidak seperti yang di gambar.


Masukan nama identitas dan nama komputer, kemudian isi password. Password dalam Linux berperan penting saat kalian hendak melakukan installasi dan ini lah senjata terkuat dimana Linux tidak ada virus.


Setelah itu tunggu saja proses installasi sampai selesai yang relatif memakan waktu yang singkat sampai akan muncul form meminta restart system.



Baik sampai sini proses installasi selesai, restart now dan kemudian Anda sudah dapat menggunakan Linux Ubuntu didalam PC Anda.


Emage duatas adalah tampilan dimana PC pertama kali di nyalakan atau kalian biasa sebut GRUB. Dimana ada pilihan ketika akan masuk kedalam Ubuntu atau Windows.




Sumber: http://xrootz.blogspot.com/2014/04/cara-install-ubuntu-1404-dengan-windows.html

Previous
Next Post »

Cotak Us

Metasplo1t Team. Powered by Blogger.